Akankah Robot Dapat Menggantikan Pembantu Rumah Tangga?

Wellcomm Home Smart Home

Perkembangan zaman memang amat sangat begitu pesat. Mulai dari terciptanya beberapa penemuan awal seperti lampu, mesin diesel, obat-obatan, dll. Bahkan saat ini pun manusia masih berlanjut untuk mengembangkan penemuan tersebut. Bahkan dalam beberapa tahun kebelakang, banyak peneliti yang mulai menciptakan robot untuk memudahkan manusia dalam melakukan segala macam pekerjaan dan sebagai pengganti jasa pembantu rumah tangga seperti di Indonesia, diantaranya robot industri, robot mainan, bahkan robot vacuum cleaner. Selain itu, ada juga robot yang diciptakan seperti manusia. Kira-kira robot apa saja yang diciptakan oleh peneliti tersebut? Yuk, kita simak ulasannya..

robot asimo moganicsASIMO dan Honda P-Series

Siapa yang nggak tau sama robot ASIMO? Ya, anak-anak era 90an sebagian besar pasti tahu dan bahkan bermimpi untuk memiliki robot ini, termasuk saya pribadi. Asimo merupakan robot yang menyerupai manusia. Bisa berjalan sendiri dan berbicara beberapa kosakata. Menariknya lagi, Asimo mampu berlari dengan kecepatan 6km/h. Cukup cepat untuk sebuah robot!

iCubrobot icub moganics

Robot yang memiliki face seperti anak-anak ini diciptakan oleh RobotCub Consortium. Cub, yang merupakan singkatan dari Congnitive Universal Body ini mampu melakukan interaksi dengan lingkungan sekitar. Pokoknya perilaku robot ini mirip sekali dengan anak kecil.

robot romeo moganicsRomeo

Robot yang memiliki tinggi 140cm dan berat 40kg ini memiliki bentuk seperti anak-anak, sama seperti iCub. Bedanya, Romeo terbuat dari carbon fiber dan rubber agar bobotnya tidak terlalu berat, serta dapat berjalan, berbicara, bahkan mendengar juga. Wah, semakin mirip dengan manusia ya..

Actroid-Sitrobot actroid sit moganics

Menurut saya, robot yang satu ini bener-bener yang paling mirip dengan manusia. Bagaimana tidak, bentuknya saja sudah mirip, ditambah lagi bisa berinteraksi dan mengeluarkan mimik wajah untuk memberitahu emosinya. Di Jepang, robot ini sudah mulai digunakan di beberapa perusahaan lho guys đŸ˜€

Bagaimana? Anda tertarik memiliki robot sendiri dirumah?

1 Comment

Leave a comment